Langsung ke konten utama

Pidato Tentang Cinta

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Bismillahirrahmanirrahim, alhamdulillahirrahmanirrahim.
Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, Allah SWT karena atas berkat rahmat, taufik, serta hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya, dan kita selaku umatnya. Aamiin.
Topik yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah tentang cinta. Banyak orang yang memaknai cinta beraneka makna. Seperti: “hidup tanpa cinta bagaikan berdiri di tepi tebing yang curam, tanpa cinta rindu yang dirasa seakan gelap gulita. Dan hidup bagaikan sayur tanpa garam. Ada pula yang memaknai cinta seperti pasir yang tidak dapat digenggam terlalu erat.
Begitu banyak penafsiran mengenai cinta, untuk bentuknya cinta dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu: cinta kepada Allah, cinta kepada Nabi, dan cinta kepada sesama manusia. Teman-teman yang mencintai saya. Seperti apa yang telah saya sampaikan sebelumnya bahwa cinta merupakan kata cinta yang memiliki berjuta makna.
Membahas soal cinta tidak terlepas dari budaya pacaran yang sungguh sudah sangat jelas bahwa Allah melarangnya. Saudaraku, budaya pacaran saat ini memang sudah sangat familiar di tengah Masyarakat. Sungguh hal seperti itu sangat miris sekali untuk digunakan, lalu bagaimana nasib bangsa ini apabila generasi muda sudah memanggil ayah bunda?
Bagi anda yang sedang menjalin hubungan yang belum pasti kedepannya yaitu pacaran, lebih baik putuskan dari sekarang juga, move on, dan yang paling penting adalah melupakan mantan, sebab ada pepatah mengatakan jika masa lalu adalah sejarah, maka mantan merupakan peninggalan sejarah.
Saya rasa apa yang saya sampaikan sudah cukup, semoga bermanfaat. Kurang lebihnya saya mohon maaf, untuk segala perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
Wassalamualaikum warakhmatullahi wabarakaatuh.


Kewajiban Nyareh Elmoh

الحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه  اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. اما بعد

Hadratal mukarromin wal muhtaramin para alim ulama, para keaeh, para tokoh masyarakat wabil khusus pengasuh Pondok pesantren ……………………… se pedhan kauleh ta’dzimi tor hormateh.
Se pedhan kauleh hormatin jugan kepala sekolah……………………….., santriwan-santriwati seagama ben seperjuangan se pedhan kaulah cinta sayangih, tak loppa bapak-bapak/ibu-ibu, mustami’ien-mustami’at rahimakumullah.

Langkong dimin ngireng pedhan kauleh sadajah ngucapakinah pojih syokkor dakka hadirot Allah SWT. Se ka’dimmah ampon apareng rahmat sareng hidayah epon dakka pedhan kauleh sadajah saenggah pedhan kauleh sadajah bisah akin panggin eka’dintoh tempat klaban kabadaan sehat tor senneng.
Solawat ben salam mogah teros eyatorakinah dakka jungjungan epon nabi Muhammad SAW. se ampon apektah pedhan kaulah sadajah dari alam se talebat petang menuju alam se talebet terak klaben bedanah Agemah Islam .

Hadirin hadirat se Emuljaaki Allah

Ekasempatan samangken ka’dintoh pedhen kauleh pekal a bahas tentang “Kewajiban Nyareh Elmo” Ampon pedhan kauleh oning e dhalem alquran sanget bennyak se ajellasakin kawajiben nyare elmu ben pekal ngangkat derajatteh oreng se nyare elmo ponapah pole jeman samangken ampon jeman sains, tekhnologi kadiponapah guleh ben sampeyan sadejeh wajib ngaoningih tor kotuh oning dakka perkembangan epon jeman samangken.

Hadirin hadirat, mustami’in mustami’at se emoljaaki Allah

Emot dakka pentingah nyareh elmu, Rosulullah aberik penegasan dekka pedhan kauleh sadejah, tentang arteh pentingah nyare elmu enggi ka’dintoh mulaeh dari buian ibu sampe ke liang Lahat (Tadak Batasah) eka’dimmah bi saos behkan sampe ka cenah edalem hadis ejelasaki enggi ka’dintoh:
اطلب العلم ولو بالصين

Hadits ka’dintoh aberri’ penjelasan ponapah pentingah nyare elmo sanaosah dakka negeri cenah, tapeh benni kun negeri cenah tretan….., samangken “ nyareh elmo sampe ke Amerika,Mesir, Jepang, ben laenah epon…..

Hadirin hadirat, mustami’in mustami’at se emoljaaki Allah
Banyak samanken S1 tor bennyak S2 sampe S3 tapeh elmonah ka’dintoh dipertanyakan……? Ponapah mak pas bisah sa ka’dintoh tretan……….
Jet kun lakonah melleh ijasah S1,melleh ijasah S2 tor S3, tak oning mun manabi ilmu ka’dintoh usa sareh ban e ajarih, usa rowat tretan banni tai-nyantai maloloh ……….. Engki napah engki…? ……………………….

Anapah sebab e anjuraki nyareh elmo..? Toh! Maske tanpa elmo guleh sadhejeh bisah odi’. Sebab ponapah., sebab klaben elmo guleh sareng ajunan sadhejeh bisah abidaaki antara manussah ben keban, lamon manussah tak andik elmo bisah ekocaaki padah sareng keban sesuai klaben pepatah arab:
لولا العلم لكان الناس كالبهائم
“ Manabi tanpa elmo manussah reyah adi kadiyeh keban”
( Man is animal but the science id different)
العالم كبير وان كان حدتا # الجاهل صغير وان كان شيخا
Oreng se andik elmo pasteh pekal Nampak wibawanah, maskeh sejatinah oreng ka’dintoh ngodah, sedangkan oreng se buduh pekal kenik (Tak andik wibawa), maskeh oreng kepanikah Toah (Lanjut Usia).

Hadirin hadirat, mustami’in mustami’at se emoljaaki Allah
*Sebelunah ngahereh  pidatu  ka’dintoh ngereng same-same maos sholawat nabi……

Solaatuullah salaamuuullah ala tooha rosulillah…………
Solaatuullah salaamuuullaaah ala yaasin habiiibillah ………

Akher pidato pedhan kauleh korang ben lebbinah nyoon saporah se sobung batesah epon, ben mator sakalangkong atas perhatian epon………
هدان الله واياكم اجمعين اهدنالصراط المستقيم والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته



 Ceramah Singkat tentang Menuntut Ilmu

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di madrasah ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.
Baiklah bapak ibu dan saudara-saudara sekalian, disini saya akan sedikit membahas tentang menuntut ilmu. sebagaimana firman Allah dalam surah AL-Mujadalah ayat 11 yang artinnya Artinya : “Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat.”
Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa keutamaan orang yang mau menuntut ilmu baik itu ilmu dunia maupun akhirat, karena dengan ilmu kita tidak akan buta saudara-saudara. Kita dapat melihat segala sesuatu dari sudut pandang manapun dan dengan demikian fikiran kita selalu jernh dan bijak dalam mengambil segala keputusan.
Sebagai contoh sejak kecil kita disekolahkan, kita dapat membaca, menulis, berhitung, menganalisa, dan kita mempelajari beraneka ragam ilmu akademik maupun terapan seperti matematika, fisika, bioligi, sosiologi, akutansi, PPKN, pendidikan agama, dan lain sebagainnya.
Dengan ilmu tersebut wawasan kita menjadi semakin beragam, dari fisika kita jadi tahu kalau ait dapat berubah wujud, dari matematika kita dapat berhitung. Dari ilmu agama kita dapat mengetahui sejarah islam, aqidah akhlak dan bagaimana sharusnya kita bersikap kepada Allah dan sesama manusia.
Jika kita hanya berdiam diri tanpa mau belajar kita akan buntu dari melihat segalannya, apalagi sebagaimana pentingnya ilmu agama yaitu untuk masa depan akhirat kita nanti, karena ilmu agama sendiri sangat banyak kita tidak hanya belajar di sekolah dan kajian ilmu saja kita juga belajar dari kehidupan sehari-hari. Baik tu ketika membantu orang, beramal, sedekah, solat dan sebaainnya.
Sekian wejangan sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian.
Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

 Pentingnya Menuntut Ilmu 
Assalamualaikum. Wr. Wb
Hamdan Wa Syukran Lillah Sholatan Wa Salaman ‘ Ala Rosulilah Amma Ba’ad
Ikhwan fillah yang saya hormati. Marilah kita bersyukur kepada Allah  SWT atas rahmat dan kasih sayang-Nya yang dilimpahkan kepada kita. Salawat serta salam kita curahkan kepada baginda Rasulullah SAW yang membawa umat manusia dari kejahiliyaan menuju pengabdian kepada Allah SWT. Hadirin yang dimuliakan Allah.
Judul pidato yang saya bawakan pada kesempatan ini adalah “ Pentingnya Menuntut Ilmu”
Tak bisa di pungkiri kita tidak bisa hidup tanpa ilmu
Oleh sebab itu Islam memerintahkan kepada kita untuk menuntut  ilmu,baik ilmu ukhrawi maupun duniawi dan tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mencari ilmu,
sebagaimana sabda Rasulullah SAW.
“ Tolabul ilma faridatur  ‘ala kulli muslimin wa muslimah”
Artinya : Mencari ilmu itu wajib bagi orang islam laki – laki dan perempuan.


Maka dengan ilmu kita bisa menundukkan seluruh makhluk Allah yang ada dimuka bumi ini. Dengan ilmu pula kita bisa memimpin dunia memimpin seluruh makhluk Allah.
Dan Kita akan menjadi makhluk terbaik diantara makhluk Allah. Namun jika tidak berilmu, kita akan menjadi bodoh tidak tahu apa-apa didunia ini dan pada akhirnya kita menjadi makhluk yang paling rendah, kata Allah  Qs : at-tin : ayat 5  “Asfala Safilin ”
dan tentunya kita tidak mau menjadi makhluk yang paling rendah.
Namun Allah SWT juga mengabarkan kabar gembira bagi orang2 yang beriman dalam surah AL-Mujadalah ayat 11

...يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰت
Artinya : "Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat."
Oleh karena itu marilah kita tetap menuntut ilmu, karena dengan ilmu kita akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.
Sebagai kesimpulan. Selama hayat masih dikandung badan mari kita selalu menuntut ilmu tanpa mengenal lelah karena ilmu sangat penting dalam kehidupan. Kita tidak bisa menjadi insan kamil tanpa ilmu pengetahuan.
“ Unzur ma qila wala tanzur man Qola “
Pandanglah pembicaraan jangan pandang siapa pembicaranya.

Wabillahi taufik wal hidaya Assalamu’Alaikum. Wr. Wb
Semoga Bermanfaat...





Postingan populer dari blog ini

Foto Kegiatan

Kegiatan Kepramukaan Santri Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Kondisi 35% penyelesaian pembangunan Lembaga Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Alhamdulillah..,Kondisi 35% penyelesaian pembangunan Lembaga Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Kondisi 5% penyelesaian pembangunan Lembaga di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Kegiatan santri putri kepramukaan Kegiatan santri putri kepramukaan Pemberian dan Hadiah Biaya Pendidikan gratis 12 tahun kepada santri yang tidak mampu Prosesi wisudawati siswa kelas akhir santri PP. Tarbiyatul Islamiyah Kegiatan Pengajian Umum Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Prosesi wisudawan/ti siswa kelas akhir santri PP. Tarbiyatul Islamiyah Kenang-kenangan yang diberikan Langsung Oleh Pengasuh PP. Tarbiyatul Islamiyah Bagi santri Hiburan Haflah Akhirussanah PP. Tarbiyatul Islamiyah Pawai santri bersama  Haflah Akhirussanah PP. Tarbiyatul Islamiyah Kegiatan kepramukaan part 3 santri

Pondok Pesantren Tarbiyah

المؤسسة الاسلامي اسوة حسنة      PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAMIYAH        Akta Notaris Ira Anggraini, SH . No. 38. 11. 03. 13 Sekretariat: JL. Simpang III No. 06 Dandan Bawah Sumenep Madura Jawa Timur 69465 Rek.BTN: 00149-01-50-009956-9 a/n PP. TARBIYATUL ISLAMIYAH & BRI : 6546-01-018013-53-8 a/n PP. TARBIYATUL ISLAMIYAH          ____________________________________________________________________________________ Pemberitahuan. Assalamualaikum,wr,wb. Salam silaturrahim.., Selanjutnya. Kami atas nama panitia pembangunan Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah, menghimbau kepada Bapak/Ibu/Saudara(i) dan Para Donatur dimanapun berada agar berhati-hati dalam menyalurkan bantuannya terkait maraknya pesan singkat/sms & ditelpon orang dari nomor yang mengaku dari pesantren dan meminta mengirimkan sejumlah uang melalui rekening pribadi, kami atas nama panitia pembangunan diharap untuk mengecek kebenarannya melalui nomor kami panitia yaitu  WA : 08525779524
  تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ صَدَقَةٌ                                                       Smiling to a brother as an act of Charity. – Hadits Senyum manismu di hadapan saudaramu adalah sodaqoh. – Hadis