Langsung ke konten utama

Pidato Singkat Tentang Ikhlas

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan banyak sekali kenikmatan kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang insya Allah mulia ini.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Agung Muhammad SAW. Di mana atas berkat perjuangan beliau dan para sahabatnya sehingga kita dapat merasakan indahnya islam seperti sekarang ini.
Jamaah yang dirahmati Allah,
Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan ceramah singkat mengenai ikhlas. Dalam arti yang sering kita ketahui bahwa ikhlas merupakan segala sesuatu yang dilakukan tanpa mengharapkan imbalan apapun. Arti ikhlas ini sudah benar namun kurang tepat. Dalam agama islam ikhlas berarti melakukan sesuatu karena Allah SWT.
Dalam hal ibadah ikhlas berarti melakukan ibadah karena Allah SWT, bukan Karena yang lain, bukan juga karena ingin dipuji, ingin terlihat sholeh, tetapi memang benar-benar karena Allah. Sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-Bayyinah ayat 5 yang berarti bahwa “Tidaklah mereka diperintahkan kecuali untuk mengikhlaskan agama untuk-Nya.”
Ikhlas akan menjadi sangat penting untuk diaplikasikan dalam kehidupan, sebab pada setiap amalan yang kita lakukan tanpa didasari dengan keikhlasan maka amalan tersebut dipandang tidak sah di hadapan Allah.
Ikhlas juga menjadi alat ukur pada setiap amalan yang kita lakukan, semakin kita ikhlas maka pahala yang akan kita dapatkan juga akan semakin besar. Semakin ikhlas seseorang dalam beramal, maka akan semakin besar pula balasan yang akan diterima.
Setelah anda memahami pentingnya ikhlas dalam kehidupan sehari-hari, maka latihlah hati untuk selalu ikhlas pada setiap hal. Saya rasa cukupkan sekian, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat. Kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pidato Singkat Persaudaraan

Assalamualaikum wr. Wb.
Alhamdulillah kita masih dipertemukan Allah dalam keadaan sehat wal afiat. Pagi ini saya akan membahas bagaimana cara untuk menjaga persaudaraan antar sesama muslim. Persaudaraan sesama muslim telah Allah jelaskan dalam surah Al-Hujurat ayat 10 yang artinya:
“sesungguhnya orang mukmin adalah bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapatkan Rahmat”.
Untuk dapat menjaga persaudaraan supaya tetap terjaga dengan baik salah satunya adalah dengan saling bersilaturahmi atau saling mengunjungi teman dan saudara. Yang kedua adalah menjenguk saudara yang sakit.
Menjenguk saudara yang sakit, selain bersilaturahmi juga memberikan semangat dan doa supaya saudara kita cepat lekas sembuh. Dan yang terakhir adalah segera meminta maaf ketika kita dengan teman bertengkar.
Itulah beberapa cara supaya persaudaraan tetap terus terjaga dengan baik. Mudah-mudahan persaudaraan kita selalu mendapatkan rahmat serta lindungan dari Allah sehingga kita semua dapat dipertemukan di surga nanti. Aamiin.
Demikian apa yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Akhirul kalam, wabilahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Pidato Singkat Generasi Muda 

Assalamualaikum wr. wb.Bismillahirrahmanirrahim,
Alkhamdulillah, segala puji hanya milik Allah swt, karena atas segala nikmat dan karunianya yang dapat menjadikan pertemuan kita kali ini menjadi lebih bermakna. Shalawat serta salam semoga selalu terlimpahkan kepada baginda Nabi Muhammad saw, keluarga, sahabat, dan kita selaku umatnya.
Terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk sedikit berbagi pidato yang bertemakan generasi muda. Generasi muda merupakan sekelompok orang yang paling potensial dalam melakukan perubahan. Para pemuda memiliki tingkat kecerdasan, stamina, semangat, serta hal baik lainnya. sehingga pemuda berperan penting dalam peradaban yang akan datang.
Tetapi yang menjadi pertanyaan saat ini adalah bagaimana kondisi generasi muda di Indonesia? Banyak generasi muda Indonesia yang terjerumus pada narkoba, pergaulan bebas, dan hal buruk lainnya. serta pemikiran yang sudah teracuni oleh radikalisme, hedonism, atheism, dan lain sebagainya. Hal demikian tentu sangat berbahaya.
Faktor utama yang menyebabkan hal tersebut di atas adalah dari rendahnya pendidikan. Generasi terbaik pada awal pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia terdahulu, mereka terlahir dengan sebab pendidikan sebagai latar belakang mereka. Karena pendidikan akan turut membantu pola pikir yang akan mempengaruhi sikap dalam bertindak.
Orang dengan latar belakang pendidikan yang lumayan tinggi akan lebih matang dan bijak dalam menghadapi setiap masalah yang muncul. Mereka akan dapat menemukan solusi yang tepat mengenai masalah yang ada pada dirinya ataupun masalah setempat. Pola pikir yang berlandaskan pendidikan tentu akan membuat seseorang berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak.
Pentingnya pendidikan masih harus tetap ditanamkan dalam pribadi setiap generasi muda untuk dapat belajar dengan giat demi kebaikan dan juga masa depan diri mereka sendiri. Secara tidak langsung generasi muda yang terbentuk akan berkarakter, idealnya akan berpengaruh pada perkembangan bangsa dan Negara di waktu yang akan datang.
Mungkin cukup sekian apa yang dapat saya sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan, wabillahitaufik wal hidayah. Terimakasih.
Wassalamualaikum wr. wb.


Pidato Singkat Islami tentang Sedekah

Assalamualaikum wr. wb.
Pertama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puji serta syukur kehadirat Allah swt yang telah memberikan nikmatnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi agung Muhammad saw, para keluarganya, sahabatnya, dan kita selaku umatnya.
Salah satu amal shaleh yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw adalah sedekah. Sangatlah penting sedekah bagi kita umat islam. Banyak pula ulama yang sepakat bahwa sedekah banyak sekali keutamaannya, terutama bagi mereka yang ikhlas melakukannya. Sebagaimana yang telah jelaskan dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 261 yang artinya:
“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”.
Dari firman Allah tersebut sudah sangat jelas kita ketahui bahwa tidak akan ada cerita menjadi jatuh miskin saat seseorang ikhlas memberikan sedekah kepada mereka yang membutuhkan. Justru Allah swt akan melipat gandakan sedekah yang dikeluarkan.
Tujuan utama dari bersedekah adalah untuk mensucikan harta serta diri supaya lebih tenteram dalam menjalani kehidupan di dunia yang sementara ini. Selain hal demikian sedekah memiliki banyak sekali keutamaan apabila dilakukan dengan hati yang benar-benar tulus serta ikhlas. Beberapa keutamaan sedekah yang perlu diketahui untuk memotivasi diri supaya terus bersedekah adalah:
Pertama, dengan adanya sedekah dapat mendekatkan diri kita kepada rahmat Allah swt. Rasulullah saw juga bersabda “Sesungguhnya, sedekah itu memadamkan panasnya kubur dan hanyalah seorang mukmin yang mendapatkan naungan pada hari kiamat nanti dengan sedekahnya.”(HR. Thabrani dan Baihaqi).
Kedua, dengan bersedekah, maka kita dapat memadamkan murka Allah swt. Hal ini sejalan dengan hadist riwayat Thabrani dan Ibnu Asakir “sedekah rahasia (tersembunyi) itu memadamkan amarah ilahi.”
Ketiga, dengan bersedekah kita dapat terhindar dari suul khatimah atau mati dalam keadaan yang tidak baik.
Keempat, sedekah mampu menjadi obat bagi orang yang sakit, sedekah yang tulus dan ikhlas dapat menyembuhkan penyakit.
Sekian apa yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih.
Wassalamualaikum wr. wb.

Postingan populer dari blog ini

Foto Kegiatan

Kegiatan Kepramukaan Santri Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Kondisi 35% penyelesaian pembangunan Lembaga Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Alhamdulillah..,Kondisi 35% penyelesaian pembangunan Lembaga Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Kondisi 5% penyelesaian pembangunan Lembaga di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Kegiatan santri putri kepramukaan Kegiatan santri putri kepramukaan Pemberian dan Hadiah Biaya Pendidikan gratis 12 tahun kepada santri yang tidak mampu Prosesi wisudawati siswa kelas akhir santri PP. Tarbiyatul Islamiyah Kegiatan Pengajian Umum Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Prosesi wisudawan/ti siswa kelas akhir santri PP. Tarbiyatul Islamiyah Kenang-kenangan yang diberikan Langsung Oleh Pengasuh PP. Tarbiyatul Islamiyah Bagi santri Hiburan Haflah Akhirussanah PP. Tarbiyatul Islamiyah Pawai santri bersama  Haflah Akhirussanah PP. Tarbiyatul Islamiyah Kegiatan kepramukaan part 3 santri

Pondok Pesantren Tarbiyah

المؤسسة الاسلامي اسوة حسنة      PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAMIYAH        Akta Notaris Ira Anggraini, SH . No. 38. 11. 03. 13 Sekretariat: JL. Simpang III No. 06 Dandan Bawah Sumenep Madura Jawa Timur 69465 Rek.BTN: 00149-01-50-009956-9 a/n PP. TARBIYATUL ISLAMIYAH & BRI : 6546-01-018013-53-8 a/n PP. TARBIYATUL ISLAMIYAH          ____________________________________________________________________________________ Pemberitahuan. Assalamualaikum,wr,wb. Salam silaturrahim.., Selanjutnya. Kami atas nama panitia pembangunan Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah, menghimbau kepada Bapak/Ibu/Saudara(i) dan Para Donatur dimanapun berada agar berhati-hati dalam menyalurkan bantuannya terkait maraknya pesan singkat/sms & ditelpon orang dari nomor yang mengaku dari pesantren dan meminta mengirimkan sejumlah uang melalui rekening pribadi, kami atas nama panitia pembangunan diharap untuk mengecek kebenarannya melalui nomor kami panitia yaitu  WA : 08525779524
  تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ صَدَقَةٌ                                                       Smiling to a brother as an act of Charity. – Hadits Senyum manismu di hadapan saudaramu adalah sodaqoh. – Hadis