Langsung ke konten utama

Qisosun

Mengenang kembali kisah nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam sebagai tanda cintanya kita pada beliau. Adapun Nabi Muhammad saw. merupakan nabi terakhir yang diutus untuk seluruh umat manusia. Sekalipun demikian beliau adalah nabi untuk agama Islam.
Sebelum memulai pembahasan lengkap dan panjang mengenai kehidupan dan perjalanan hidup Nabi Muhammad ini, maka perlu kami sampaikan pada semua pembaca bahwa dasar atau referensi yang digunakan adalah dari buku ‘Ensiklopedi Islam – Ringkas’ karya Cyril Glasse yang mana bukunya disertai dengan kata pengantar dari Prof. Huston Smith. Jadi pembaca tidak perlu ragu lagi mengenai kesahihan tulisan ini.
Mengapa demikian? Ya, jika kita melihat pengantar dari buku yang telah diterbitkan ke berbagai bahasa ini, pengarangnya sendiri mengungkapkan bahwa waktu pengerjaan naskahnya hingga 6 tahun. Itu artinya, apa yang dilakukannya betul-betul serius, apalagi sumber referensi yang ia gunakan dari berbagai buku dan bahkan negara.
Penulis berharap, InsyaAllah tulisan ini bermanfaat sebagai referensi untuk para pelajar dan pendidik. Berikut penjelasannya:

Kisah Nabi Muhammad Lengkap Mulai dari Lahir sampai Wafat

Untuk memudahkan menemukan setiap momen kehidupan Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam maka Caraspot member judul bab pada setiap kelompok ulasannya.

Nama

Makna kata ‘Muhammad’  adalah ‘orang yang dipuji atau terpuji’ atau bisa juga berarti ‘orang yang diagungkan’, adapun nama lainnya adalah ‘Ahmad’ yang merupakan bentuk kata superlative yang artinya ‘orang yang paling terpuji’
Akar kata dari kedua kata di atas adalah ‘hamada’ yang artinya ‘memuji’ atau bisa juga diartikan ‘mengagungkan’.
Adapun kalimat ‘shollallahu ‘alaihi wa sallam’ merupakan penghormatan kepada beliau yang bermakna ‘semoga Allah memberkahinya dan menganugerahkan kedamaian kepadanya’. Kalimat ini selalu mengiringi nama Nabi Muhammad dalam berbagai bentuk. Di samping itu, terdapat juga ungkapan ‘alaihis sholatu was salam’ yang biasa disematkan setelah nama beliau yang maknanya ‘semoga berkah dan kedamaian dilimpahkan kepadanya’, dan ini juga digunakan sebagai penghormatan pada semua nabi Allah.
Dan bukan cuma nabi-Nya yang penyebutan namanya disertakan ungkapan senada seperti ‘alaihis salam’ (semoga kedamaian terlimpahkan kepadanya), tapi juga pada Jibril, malaikat pembawa wahyu Allah.
Bicara soal lakab atau gelar, dalam kisah nabi Muhammad ini kami juga ingin menyampaikan bahwa beliau sendiri memiliki hingga 200 gelar yang disebutkan dalam riwayat yang shahih. Di antara yang dimaksud adalah:
——————-sedang disiapkan————
Dalam kitab Bibel – Injil – Muhammad saw. sendiri disebut dengan sebutan ‘Shiloh’. Di dalam Genesis 49:1-10 secara nyata disebutkan: “Dan Jakub memanggil putra-putranya dan berkata, berkumpullah kamu sekalian, akan saya katakana bahwasanya akan diturunkan sesudah kamu pada akhir zaman sebuah kitab suci yang tidak bertentangan dengan Judah, tidak seorang pun menetapkan hokum setelah Judah hingga datanglah Shiloh, dan seluruh umat manusia akan mengikuti ajarannya. ”
Kelahiran Muhammad dan Perjalanan Masa Kecilnya
Berbagai riwayat hadits yang lazim kita ketahui mengenai kelahiran Nabi Muhammad adalah pada tahun gajah, dan tahun tersebut bertepatan dengan tahun 570 Masehi. Dinamakan tahun gajah karena pada tahun tersebutlah Makkah mendapat serangan dari Abrahah dan pasukannya yang merupakan raja Abyssinia yang berkuasa di Yaman kala itu.
 Berlanjut…
(artikel ini akan terus diupdate di hari kemudian hingga kisah Nabi saw lengkap sempurna)

Postingan populer dari blog ini

Foto Kegiatan

Kegiatan Kepramukaan Santri Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Kondisi 35% penyelesaian pembangunan Lembaga Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Alhamdulillah..,Kondisi 35% penyelesaian pembangunan Lembaga Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Kondisi 5% penyelesaian pembangunan Lembaga di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Kegiatan santri putri kepramukaan Kegiatan santri putri kepramukaan Pemberian dan Hadiah Biaya Pendidikan gratis 12 tahun kepada santri yang tidak mampu Prosesi wisudawati siswa kelas akhir santri PP. Tarbiyatul Islamiyah Kegiatan Pengajian Umum Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah Prosesi wisudawan/ti siswa kelas akhir santri PP. Tarbiyatul Islamiyah Kenang-kenangan yang diberikan Langsung Oleh Pengasuh PP. Tarbiyatul Islamiyah Bagi santri Hiburan Haflah Akhirussanah PP. Tarbiyatul Islamiyah Pawai santri bersama  Haflah Akhirussanah PP. Tarbiyatul Islamiyah Kegiatan kepramukaan part 3 santri

Pondok Pesantren Tarbiyah

المؤسسة الاسلامي اسوة حسنة      PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAMIYAH        Akta Notaris Ira Anggraini, SH . No. 38. 11. 03. 13 Sekretariat: JL. Simpang III No. 06 Dandan Bawah Sumenep Madura Jawa Timur 69465 Rek.BTN: 00149-01-50-009956-9 a/n PP. TARBIYATUL ISLAMIYAH & BRI : 6546-01-018013-53-8 a/n PP. TARBIYATUL ISLAMIYAH          ____________________________________________________________________________________ Pemberitahuan. Assalamualaikum,wr,wb. Salam silaturrahim.., Selanjutnya. Kami atas nama panitia pembangunan Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah, menghimbau kepada Bapak/Ibu/Saudara(i) dan Para Donatur dimanapun berada agar berhati-hati dalam menyalurkan bantuannya terkait maraknya pesan singkat/sms & ditelpon orang dari nomor yang mengaku dari pesantren dan meminta mengirimkan sejumlah uang melalui rekening pribadi, kami atas nama panitia pembangunan diharap untuk mengecek kebenarannya melalui nomor kami panitia yaitu  WA : 08525779524
  تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ صَدَقَةٌ                                                       Smiling to a brother as an act of Charity. – Hadits Senyum manismu di hadapan saudaramu adalah sodaqoh. – Hadis